Dua Gol Neymar Bawa Barcelona ke Semifinal

w88.news – Dua gol Neymar dal Silva ke gawang Salvatore Sirigu menjadi penanda melajunya Barcelona ke semifinal Liga Champions 2014-2015, Rabu (22/4/2015) dini hari WIB. Blaugrana sukses melangkahi Paris Saint-Germain (PSG) di perempatfinal usai memetik kemenangan di leg kedua dengan 2-0 dan agregat 5-1.

PSG tampil antiklimaks di laga ini. Kehadiran Marco Verratti dan Zlatan Ibrahimovic praktis tak mengubah apapun di atas lapangan. Bahkan Verratti terlihat frustasi karena terisolasi di tengah lapangan. Ia beberapa kali melakukan pelanggaran yang tak perlu dilakukan. Sedangkan Ibra masih dihantui kutukan Liga Champions.

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Kick off di Camp Nou! Dalam 11 pemain yang diturunkan oleh pelatih Luis Enrique persis sama seperti saat mereka meraih kemenangan 3-1 di leg pertama di Parc des Princes. Sedangkan PSG tampil dengan dua pemain bintangnya yang absen di laga pertama, Zlatan Ibrahimovic dan Marco Verratti.

Pelanggaran pertama dilakukan Busquets kepada Verratti. Sementara ini, inisiatif serangan dipegang oleh tuan rumah. Blaugrana coba menerapkan pressing yang tidak begitu ketat dan PSG coba bersabar saat membangun serangan.

Gol! Neymar membuka keunggulan Barca di laga ini dengan sebuah aksi brilian pada menit 14. Striker asal Brasil itu menakulkan Salvatore Sirigu setelah menerima umpan matang dari Andres Iniesta yang melewati empat penjagaan pemain PSG. 1-0 dan agregat 4-1 untuk Barcelona.

Tertinggal, PSG bereaksi. Tak berselang lama Zlatan Ibrahimovic berhasil menceploskan bola ke gawang Marc ter Stegen, sayang wasit melihatnya berada di posisi offside. Padahal, build up mereka kali ini sangat bagus.

Barca datang lagi! Pada menit 24 Messi mendapatkan ruang tembak setelah menerima bola pantul dari Luis Suarez. Melepaskan tendangan dengan kaki kirinya, namun bola masih melambung. Begitu juga upaya Dani Alves dan Neymar pada satu menit berselang.

Sejauh ini, tuan rumah tampil lebih berbahaya meski telah mengantongi agregat 4-1. Mereka semakin mengurung pertahanan PSG saat laga berjalan 30 menit.

Bang! Neymar dal Silva kembali membobol gawang Paris Saint-Germain pada menit 34. Kali ini penempatan posisi dan umpan akurat dari Dani Alves mendarat mulus di kepalanya dan bersarang di gawang Sirigu untuk kedua kalinya. 2-0 dan agregat 5-1game over untuk PSG?

Meski berupaya memberikan perlawanan, namun usaha dari tim tamu selalu terbentur dengan tangkasnya pemain tuan rumah dalam mematahkan serangan mereka. Jelas hingga 40 menit berlalu pertandingan sepenuhnya milik Barcelona.

Tambahan satu menit diberikan ofisial wasit yang bertugas. Tak berselang lama, wasit membunyikan peluit panjang dan pemain masuk ke ruang ganti. Meski ada peluang untuk mengejar ketinggalan, namun berat untuk PSG mencetak empat gol pada paruh kedua.

Babak kedua

Berada di atas angin, Barcelona melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Iniesta ditarik keluar dan Xavi Hernandez menggantikan posisinya. Dalam 10 menit pertama, meski tak sengotot 45 menit pertama, Barca tetap tampil lebih baik ketimbang tamunya.

Enrique kembali melakukan pergantian pemain. Kali ini dirinya memasukkan pemain muda, Sergi Roberto menggantikan Sergio Busquets. Ini adalah penampilan kedua Sergi di Liga Champions.

PSG nyaris menyudahi deadlock di laga ini pada menit 60. Verratti mendapatkan ruang untuk melepaskan tembakan dari bibir kotak penalti Barca. Gelandang kreatif Italia itu melepaskan tembakan mendatar, namun arahnya masih melebar di sisi gawang Ter Stegen. Mulai membaik penampilan PSG dengen mengendurkan intensitas dari tuan rumah.

Blanc melakukan pergantian pemain pertama pada menit 67. Yohan Cabaye harus ditarik keluar dan memasukkan Lucas Moura untuk menambah variasi serangan pasukan Ibu Kota Prancis. Belum ada efek dari kehadiran Verratti dan Ibrahimovic di laga ini.

Alves kembali mengirimkan umpan akuratnya. Namun kali ini David Luiz masih sanggup memotong arah datang bola dan menghasilkan tendangan penjuru untuk tuan rumah. Sebuah tembakan keras dari Ibra pada menit 73 berhasil dimentahkan oleh Ter Stegen.

Laga menyisakan 10 menit di Camp Nou. El Barca tampaknya sudah puas dengan keunggulan 2-0 di laga ini. Lagi pula, agregat pun sudah mencolok, yakni 5-1. Jika terus bertahan hingga peluit panjang berbunyi, maka Lionel Messi cs berhak melaju ke semifinal.

Cavani! Andaikan sepakannya tidak menyamping dari jarak dekat, mungkin PSG sudah memperkecil ketinggalan. Tak lama berselang, striker internasional itu ditarik keluar dan digantikan oleh Lavezzi.

Laga memasuki injury time! Tiga menit diberikan wasit untuk PSG mencetak gol penghibur di laga ini. Namun peluang justru didapat Barca. Pedro memantulkan tumitnya ke Messi yang kemudian melepaskan tembakan keras. Sayang masih melebar.

Aksi La Pulga menjadi penutup di laga ini. Dengan demikian, Blaugrana berhak melaju ke semifinal usai mengakhiri leg kedua kontra PSG dengan 2-0 dan agregat telak 5-1. Neymar menjadi bintang dengan dua golnya di babak pertama yang merusak permainan tim tamu.

Susunan pemain

Barcelona: Marc Ter Stegen, Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Sergio Busquets (Sergi Roberto 55’), Andres Iniesta (Xavi 46’), Lionel Messi, Luis Suarez (Pedro 75’), Neymar da Silva.

Paris Saint-Germain: Salvatore Sirigu, Gregory Van Der Wiel, David Luiz, Marquinhos, Maxwell, Yohan Cabaye (Lucas Moura 67’), Blaise Matuidi (Rabiot 80’), Marco Verratti, Javier Pastore, Zlatan Ibrahimovic, Edinson Cavani (Lavezzi 80’).

About Rahmat Dimas

Lahir 14 juli 1989. Tamatan universitas gajah mada jurusan jurnalistik yang handal dalam menulis, fotografi dan berpengalaman dalam bidang sosial media. Hobby Makan, Travelling dan main bola.

View all posts by Rahmat Dimas →

Leave a Reply