Kemesraan (Arsene Wenger) Ini Janganlah Cepat Berlalu

Arsene Wenger. Dia adalah pelatih yang telah mengukir sejarah panjang bersama Arsenal penuh dengan kemesraan, yang terbangun melalui tahap kesedihan dan kebahagiaan. Semua itu kini telah bercampur aduk menjadi satu sehingga melahirkan arti mesra yang sesungguhnya. Nikmatilah!

Wenger pertama kali menginjakkan kakinya di markas Arsenal pada tahun 1996. Kala itu tak ada orang yang menganggap pria bertubuh ceking itu sebagai pelatih hebat. Kaca mata bulat yang kerap menempel di kedua matanya justru menimbulkan kesan bahwa Wenger adalah pelatih yang mudah untuk diremehkan. Ia lebih terlihat lucu daripada berwajah sangar.

Namun semua anggapan itu kemudian salah besar. Justru Wenger adalah pemimpin revolusi besar di Arsenal. Setelah ia datang, Wenger banyak melakukan perubahan radikal. Ia memulai dengan mengubah gaya hidup pemain Arsenal, termasuk melarang pemainnya makan makanan populer di Inggris, fish and chips.

Ada yang mengatakan gaya diet pemain Arsenal di bawah asuhan Wenger ini lebih mirip ala pendidikan militer. Pemain yang kecanduan alkohol seperti Tony Adams pun sampai bisa berhenti berkat arahan dari Wenger.

Wenger bukan hanya membawa perubahan kebiasaan pemain di luar lapangan. Wajah Arsenal ketika bertarung di atas lapangan pun, mula-mula berubah drastis. Adalah Wenger yang membuat Arsenal bisa bermain cantik seperti sekarang, bermain dengan umpan-umpan pendek yang dipadukan dengan kecepatan.

Jangan lantas membandingkan Arsenal dengan Manchester City sekarang di tangan Josep Guardiola. Pada tahun 90-an, sepakbola Inggris masih mengandalkan pendekatan kick and rush. Estetika dalam bermain sepakbola di Inggris kala itu belum menjadi perhatian. Dan waktu itu, Wenger dengan wajah kalemnya, membawa perubahan yang signifikan. Bukan hanya untuk Arsenal, tapi juga pada wajah sepakbola Inggris secara keseluruhan.

Tapi main indah tanpa kemenangan buat apa. Wenger terbukti mampu memenuhi tuntutan meraih kemenangan, sekaligus dengan permainan indah. Tak butuh lama bagi Wenger mempersembahkan gelar untuk pendukung The Gunners yang sempat meragukannya. Hanya berselang setahun, Wenger sudah mampu mempersembahkan gelar Premier League, mengusik dominasi Manchester United di Inggris kala itu.

Sekarang jika semua gelar yang telah diraih Wenger di Arsenal dikumpulkan, lemari besar di rumah oknum-oknum yang mencibir Wenger mungkin tidak akan muat. Pasalnya, tidak kurang dari 20 gelar pernah diraih Wenger dari berbagai kompetisi di antaranya tiga gelar Premier League, tujuh Piala FA dan tujuh gelar Community Shield.

About James Ho

Travelling ke seluruh penjuru Indonesia merupakan impiannya.

View all posts by James Ho →

Leave a Reply