Tacchinardi Anggap Zidane Lebih Baik Jadi Pelatih Ketimbang Pemain

Mantan gelandang Juventus, Alessio Tacchinardi, memuji kiprah mantan rekan setimnya, Zinedine Zidane, selama menukangi Real Madrid musim ini. Ia bahkan menganggap pria asal Prancis tersebut lebih baik dalam melatih ketimbang bermain dulu.

Seperti yang diketahui, Zidane sempat membela Juventus selama lima musim sebelum pindah ke Real Madrid di tahun 2001. Kepindahannya ke Santiago Bernabeu berhasil menjadikannya sebagai pemain termahal di dunia pada saat itu.

Pada awal tahun 2016 lalu, ia diangkat menjadi pelatih Real Madrid untuk menggantikan Rafael Benitez yang dipecat pada waktu yang sama. Dalam sekejap, ia membawa Real Madrid juara Liga Champions dan melakukan hal yang sama di musim selanjutnya.

Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu pelatih yang patut diperhitungkan di Eropa. Selain itu, ia juga mendulang banyak pujian, tak terkecuali dari Tacchinardi. Ia menganggap Zidane lebih baik sebagai pelatih ketimbang saat menjadi pemain dulu.

Saya pikir Zidane lebih baik sebagai pelatih. Karena sebagai pemain, ia dibantu oleh alam. Dia tak membutuhkan petunjuk. Dia masuk ke lapangan dan bermain seperti saat dirinya masih kecil,” ungkap Tacchinardi kepada Omnisport.

“Sebagai pelatih dia telah menjadi pria yang kuat. Secara taktik dia sangat baik. Dia selalu menemukan pergerakan yang tepat,” lanjutnya.

“Dia adalah orang yang fenomenal. Tapi saya akui tak pernah berpikir dia akan menjadi fenomenal sebagai pelatih,” tandasnya.

Sebagai informasi, Zidane memutuskan untuk gantung sepatu usai membela Prancis di Piala Dunia 2006 silam. Dalam pertandingan final kontra Italia, dia melakukan tindakan kontroversial dengan menanduk bek Azzuri, Marco Materazzi, sehingga membuatnya diganjar kartu merah.

About James Ho

Travelling ke seluruh penjuru Indonesia merupakan impiannya.

View all posts by James Ho →

Leave a Reply